baner

PELAPORAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN GOOGLE SPREADSHEET DI CABDIN WIL PACITAN

Warta Cabdin, 12 Mei 2023gambare

Peningkatan Pelaporan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Menengah Atas dengan Google Spreadsheet di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Pacitan Jawa Timur adalah tugas akhir dari Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebagai karya tulis dalam bentuk laporan penelitian, diharapkan menjadi suatu kegiatan yang berkesinambungan yang akan dilanjutkan pada tahap kedua dan ketiga sehingga terjadi perubahan untuk menjadi lebih baik.

Sebagaimana dimaklumi bahwa merdeka belajar membawa konsekwensi yakni penerapan/implementasi kurikulum merdeka yang berlaku baru selama 1 (satu) tahun pelajaran yakni Tahun 2022/2023. Untuk itu senyampang baru berlaku maka system pelaporan dipandang perlu dilakukan penguatan sehingga implementasi kurikulum merdeka dapat dilakukan evaluasi secara berkesinambungan dan bertanggung jawab, mengingat pelaporan kegiatan dan evaluasi adalah bagian yang sangat penting dalam system manajemen pendidikan.

Pada Proyek Perubahan tahap 1 (satu) ini pelaporan yang dimaksud adalah bahwa pada bagian awal berkisar (nomor 1 sampai dengan nomor 12) membahas implementasi kurikulum merdeka secara umum. Hal ini dimaksudkan sebagai orientasi dan data awal bagi keberlangsungan program perubahan pada jangka menengah dan jangka Panjang. Direncanakan bahwa pada jangka menengah nantinya akan dikaji mengenai pembelajaran berdifferensiasi (direncanakan pada bulan Juni sampai dengan bulan Desember); sedangkan untuk jangka Panjang akan dikaji mengenai budaya positif dan kompetensi social emosional yang akan berlangsung selama 2 (dua) tahun. Selanjutnya, pada angket mulai nomor 13 barulah focus pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P 5 ) yang menjadi topik proyek perubahan ini.

Berikut ini disajikan hasil pengumpulan data menggunakan google spreadsheet yang selanjutnya diolah dalam pensekoran, yang selanjutnya dipaparkan dalam bentuk grafik untuk lebih mudahnya dibaca dan difahami.

Link Spreadsheet klik disini

Disini ditampilkan data dan grafiknya

Data sudah disajikan, grafik sudah ditampilkan maka akan sangat bermanfaat apabila kemudian menjadi bahan diskusi Bersama demi semakin baiknya Pendidikan di Pacitan. Terimakasih.

Penulis Ali Mahfudl, MSI

(onk/onk)